Mengapa Jasa Drone Mahal

- March 23, 2018

Sesuai dengan judulnya "Mengapa Jasa Drone Mahal". 

Kami terdorong untuk menulis artikel ini berawal dari banyaknya calon klien yang menginginkan harga sewa yang murah dan rata-rata mereka kaget dengan harga sewa drone di pasaran. Sehingga banyak disini klien yang tawar-menawar dan memunculkan bibit-bibit jasa rental drone yang banting harga sehingga merusak harga pasaran demi memenuhi klien yang menawarnya sadis.

Kami mengerti akan hal itu karena dunia drone untuk foto dan videografi sendiri di Indonesia saat ini masih tergolong baru dan menghasilkan karya yang bagus sehingga banyak orang berbondong-bondong ingin menggunakan drone untuk tambahan footage mereka agar lebih keren. Namun sayangnya harga drone itu sendiri tidaklah murah dan memerlukan skill khusus mengoperasikannya sehingga banyak orang memilih untuk menyewa saja lebih praktis, namun ternyata harga sewa dipasaran juga mahal.

Sebenarnya tidak perlu penjelasan secara ilmiah untuk menjawab judul diatas. Cukup di logika saja bahwa drone adalah benda yang bergerak melawan gravitasi. Sudah barang pasti akan ada resiko untuk jatuh, kalau sudah jatuh tentunya ya hancur berkeping - keping. Masih tega membayar kami murah ?

Ada banyak faktor mengapa harga sewa drone mahal, diantaranya :
  • Harga sparepart amat sangat mahal, contoh terkecilnya saja untuk propeller (baling-baling) saja harganya 400rb. Rusak 1 biji belinya harus sepaket, dan masih banyak part lainnya yang memang harganya engga masuk akal mahalnya (jutaan)
  • Potensi untuk terjadinya error motor cut off (mati). Mati 1 saja motornya kalau ini terjadi ketika terbang yasudah jatuhlah dronenya. Banyak sekali terjadi kasus demikian sudah tidak terhitung jumlahnya di Indonesia. Bisa di cek di Instagram Klinik Drone untuk bukti sahih bahwa kasus ini memang banyak terjadi diluar sepengetahuan Pilot. yaa namanya saja barang elektronik yang namanya eror sudah hal lumrah..
  • Potensi mencelakai manusia, binatang, dll.. Propeller drone SANGAT BERBAHAYA !!! terkena sabetannya maka bisa saya pastikan anda akan dijahit lukanya. Disini skil pilot amat sangat dipegang mutu kualitasnya, dan kalau memang sudah musibah accident mengenai manusia maka pilot harus bertanggung jawab penuh.
  • Potensi Compas Error yang disebabkan oleh medan magnet seperti soundsystem, logam, dll yang akan membuat drone Uncontrol (tidak terkontrol), Fly Away (terbang hilang menjauh ). Kami sudah mengalami hal ini 1 kali dan 1 unit drone Phantom 4 hancur total. Terbang tidak terkontrol dengan kecepatan 80Km/jam hingga menabrak Tugu Simpang Lima Gumul Kediri. Tidak sempat ganti ke  Atti Mode karena jarak tabrak dekat sekali.
  • Human Error, ya namanya juga manusia bisa saja melakukan kesalahan meski semuanya sudah melalui prosedur aman.
  • Potensi drone menabrak, sudah barang pasti namanya juga benda bergerak. Teledor sedikit selesai sudah nabrak. Apalagi terbang indoor, terbang di area kabel, dll
  • Dan masih banyak lagi..

Jadi jangan pernah beranggapan bahwa drone itu mainan murah dan membandingkan harga sewadrone dengan sewa kamera darat. Kami penuh resiko kerusakan alat, kami penuh resiko mencederai manusia. Kamera darat apa bisa jatuh ? Apa bisa nabrak orang ? Tidak bisa, kamera darat no risk. Kalau kamera darat nabrak atau jatuh itu sudah pasti kesalahan kameramennya, bukan kameranya yang nabrak.

Itulah mengapa harga sewa drone sedikit lebih mahal daripada harga jasa kamera bawah. Jauh sebelum kita membuka jasa sewa drone, kita sudah survey ke beberapa rekan-rekan rental drone di berbagai daerah, kemudian kita ambil harga terbawah agar tetap murah bagi klien dan tidak merusak pasaran.

Saling mengerti itu indah..





sewadrone.net
2018